Rabu, 19 Februari 2014

Pembentukan Kabupaten Minteng Terkendala Bencana

Proses pembentukan Kabupaten Minahasa Tengah terkendala oleh bencana yang terjadi hampir di seluruh Indonesia, pertengahan Januari 2014 silam. Demikian diungkap Paula Sinjal, anggota Komisi II DPR RP dalam sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara oleh Majelis Permusyawaratwan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Selasa (11/2).
Dikatakannya, sebenarnya calon Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Minteng sudah diagendakan untuk dibahas, namun hal yang tak terprediksi terjadi sehingga tertunda. "Sebelumnya, Kemendagri dalam hal ini Irjen DOB meminta empat bulan untuk membahas kajian Minteng. Itu juga menjadi waktu pembenahan dan verifikasi bagi daerah yang belum lengkap. Waktu tersebut lama karena banyak yang harus dibahas. Setelah pembahasan tersebut, sedianya Januari akan kembali ke DPR RI untuk dibahasa kembali," terangnya.
Sebenarnya, Lanjut Paula, dalam waktu yang sangat sempit ini, bisa dibahas. Namun kemungkinan golnya sangat sedikit. "Pembahasa di komisi satu bulan, badan legislasi satu bulan. Sedangkan di atas 10 Maret, kami harus kembali ke daerah masing-masing untuk kampanye. Sisa waktu satu bulan ini takkan cukup," tuturnya.
Menurutnya, kemungkinan pembahasan akan dilakukan setelah pemilihan Calon Legislatif April mendatang. Dan hampir dipastikan Kabupaten Minteng akan lahir setelah Indonesia memiliki Presiden baru. "Selesai Pilpres pada Oktober 2014 mendatang," ungkapnya.
Terkait Kota Langowan, saat ini tinggal menunggu kedatangan tim Visitasi ke Langowan. "Kalau Langowan sudah siap, tugas di DPR RI sudah usai selanjutnya tinggal dari Kemendagri. Mereka akan datang dalam waktu dekat ini," jelasnya.
Paula juga menyinggung soal moratorium pemekaran kecamatan dan kelurahan/desa. Dikatakannya, sesuai surat edaran Mendagri tahun 2012 lalu, moratorium masih akan terjadi. "Nanti seusasi pemilihan Pilpres Oktober 2014 nanti, baru moratorium itu dicabut. Karena moratorium ini menjadi penghambat bagi daerah untuk memekarkan diri," ungkapnya. *

sumber: tribun_ manado Rabu, 12 Februari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar