Minggu, 21 Juni 2015

3 Saran Membuat Konten Yang Bagus Untuk Topik Yang Membosankan

Atasan anda atau klien ingin anda menciptakan konten yang menarik untuk topic yang membosankan. “Bagaimana bisa saya menciptakan konten bagus untuk topik yang membosankan?” Membuat artikel yang berbicara tentang aspal? Artikel tentang rumput? Infografik untuk mempromosikan amplas? Ya ampun. Selalu menantang untuk menciptakan konten yang bagus untuk topik yang membosankan. Tapi anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa “hal-hal membosankan” itu menjadi membosankan, karena anda berpikir itu membosankan. Ya, semua hanya ada dalam pikiran anda. Saya sangat percaya bahwa “anda adalah apa yang anda percayai”. Semua yang keluar dari pikiran anda – jika anda pikir itu sulit, maka itu sulit. Jika anda pikir itu mungkin, maka hal-hal itu akan menjadi mungkin, entah bagaimana caranya. Ini juga berlaku untuk menciptakan konten yang bagus. Jika konten yang anda buat mengenai subjek atau industri yang membosankan, anda perlu mencari alasan untuk berpikir bahwa itu tidak “membosankan.” Saya tidak gemar menulis, tetapi saya tahu saya bisa memberikan pengaruh lewat cerita. Saya bisa membuat topik ‘berat’ lebih mudah dipahami. Saya juga dapat membuat topik membosankan menjadi lebih menarik (semoga!) Bagaimana caranya? Dalam 8 tahun pengalaman blogging, saya belajar bahwa selalu ada hal menarik mengenai suatu topik. Selalu berpikir bahwa tidak ada topik yang terlalu membosankan untuk ditulis dan bekerja keraslah untuk menemukan hal-hal menarik mengenai topik itu. Ini contohnya: Misalnya saya akan membuat artikel tentang… amplas. Membicarakan amplas sepertinya agak-agak ‘aneh’ kalau tentang bahannya, cara produksinya, dll. Mungkin menarik buat sebagian orang, tapi saya kira tidak untuk kebanyakan orang. Kalau saya harus menulis tentang amplas, ini topik yang mungkin saya tulis: 10 cara menggunakan amplas yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya Amplas ‘menyelamatkan’ hidup saya Asal mula amplas yang akan membuat anda terbengong-bengong Jadi, sekali lagi, semuanya ada dalam pikiran. Ingin saran yang berguna? Jika anda blogger atau penulis yang masih berjuang meraih impian, saya memiliki 3 saran praktis yang dapat membantu anda membuat konten yang bagus – walaupun untuk topik yang membosankan. 1. Lakukan penelitian mengenai topik anda Semakin banyak anda belajar, semakin menarik sebuah topik. Bertahun-tahun lalu saya menulis mengenai konstruksi jalan tol di Inggris. Saya berbicara mengenai bahan, perusahaan konstruksi yang memenangkan tender untuk membangun jalan tol, dan seterusnya. Itu adalah subjek yang sangat membosankan (setidaknya untuk saya….) tapi saya berhasil menciptakan sesuatu yang menarik. Bagaimana caranya? Anda bisa memulai dengan meneliti mengenai topik anda. Selagi anda belajar lebih banyak, anda akan menemukan hal-hal menarik untuk disebutkan dalam konten anda. 2. Fakta yang menarik Ingin mengubah topik yang membosankan menjadi konten yang bagus? Buat fakta yang menarik. Salah satu alasan BuzzFeed begitu populer adalah karena penulisnya tahu cara mengubah topik tidak populer, menemukan fakta dan mempresentasikannya dalam 10 daftar video teratas. Idenya adalah menemukan sesuatu yang orang anggap menarik dari topik yang membosankan. Contohnya, jiak anda menciptakan konten mengenai konstruksi jalan tol, anda ingin menemukan fakta menarik seperti “Mengapa rute antar negara bagian ditandai merah, putih dan biru?” atau fakta menarik yang masih berhubungan seperti “5 jalan tol dengan pemandangan paling indah di dunia” 3. Bercerita Bercerita berhasil – untuk anak-anak maupun orang dewasa. Seperti yang dikatakan Albert Einstein : “Jika anda tidak bisa menjelaskannya kepada anak 6 tahun, anda tidak mengerti.” Cerita dapat membantu orang mengerti inti konten anda, bahkan untuk topik yang membosankan. Dengan gambar, infographics, video, slides, anekdot, opini, argument, omelan, dsb. – anda dapat membuat pembaca tertarik dengan mudah, selain juga mengerti topiknya. Anda membuat konten yang mudah dibaca untuk umum – tidak seharusnya terlihat – dan terbaca – seperti disertasi. Bonus: Berhenti menggunakan istilah sulit dan teknis Hilangkan istilah-istilah sulit – kecuali anda menulis konten untuk grup/kelompok tertentu. Istilah sulit mungkin membuat anda terlihat pandai dan menunjukkan keahlian anda, tapi biasanya tidak menambah nilai untuk pembaca anda. Gunakan istilah seperlunya. Jangan pamer, dan jangan membingungkan. Kesimpulan Jadi, itulah beberapa saran bagaimana cara menulis konten yang bagus untuk topik yang membosankan. Ingat, setiap kali anda menciptakan konten untuk topik yang menantang seperti “restorasi seni” misalnya, anda harus melakukannya dengan cara yang mudah dipahami umum. Selalu bertujuan untuk memberikan solusi untuk permasalahan yang dihadapi pembaca: Pastikan konten anda tersedia pada saat dibutuhkan pembaca – dan jadilan ahli yang memiliki pengetahuan mengenai topik tertentu. Yang terakhir: Dalam menciptakan konten dan pemasaran – untuk topik populer maupun yang tidak populer – semuanya dimulai dari konten anda, bukan SEO. Optimalkan untuk pembaca dulu, kemudian mesin pencari, bukan sebaliknya. Setuju? Gabung milis kami! Gabung ke milis kami untuk menerima tips bisnis mingguan. GABUNG! FACEBOOK TWITTER GOOGLE PINTEREST IVAN WIDJAYA ARTIKEL TERBARU Ivan Widjaya adalah pemilik Bisinismoo.com. Ivan adalah web publisher, pemilik bisnis online dan influencer. TINGGALKAN BALASAN BERITAHU SAYA AKAN TINDAK LANJUT KOMENTAR MELALUI SUREL. BERITAHU SAYA AKAN TULISAN BARU MELALUI SUREL. Gabung milis kami! Gabung ke milis kami untuk menerima tips bisnis mingguan. GABUNG! POS-POS TERBARU 3 Saran Membuat Konten Yang Bagus Untuk Topik Yang Membosankan 10 Langkah untuk Menjadi Lebih Baik Semua Orang Adalah Perusahaan Media 4 Cara Memasarkan Bisnis Sesuai Anggaran Dana yang Ada Apakah Bisnis Online Anda Siap Untuk Sukses? KATEGORI Karir Keuangan Kewirausahaan Manajemen Media Sosial Pemasaran Pengembangan Diri Wawancara IKLAN ARTIKEL SEBELUMNYA 10 Langkah untuk Menjadi Lebih Baik ARTIKEL TERBARU DARI PEMASARAN Semua Orang Adalah Perusahaan Media “Setiap dari anda adalah perusahaan media,” kata Gary Vaynerchuk. Dan saya setuju 4 Cara Memasarkan Bisnis Sesuai Anggaran Dana yang Ada Memasarkan bisnis baru mudah, selama anda memiliki banyak uang. Sayangnya, kebanyakan bisnis 5 Taktik Penjualan Yang Akan Mengubah Bisnis Anda Sekarang Juga Dunia penjualan dan pemasaran berkembang dengan pesat, tugas anda sebagai pemilik bisnis Jangan Tunda Lagi: Gunakan Media Sosial Untuk Menjual Produk Anda Berhenti mengeluarkan puluhan, ratusan juta atau milyaran rupiah untuk dana iklan di
(Di lansir dari situs  BisnisMoo.com. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar